PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SULING KULON KECAMATAN CERMEE KABUPATEN BONDOWOSO PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2010 - 2011
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD / MI kelas V ( lima ) menyatakan bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) merupakan salah satu pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sosiologi, Sejarah dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Dimasa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selau memgalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan bemasyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada pada bidang ilmu yang berkaitan.
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1. Mengenal konsep – konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
2. Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis. Rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
3. Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai – nilai sosial dan kemanusiaan.
4. Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama, dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek – aspek sebagai berikut :
1. Manusia, Tempat dan Lingkungan
2. Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
3. Sistem Sosial dan Budaya
4. Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan
Meningkatkan hasil belajar merupakan salah satu aspek yang dikembangkan dalam mata pelajaran IPS unruk mengenal keberagaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian waktu di Indonesia dengan menggunakan peta / atlas / globe dan media lainnya.
Hasil pengamatan terhadap siswa dan studi dokumen bahwa mereka kurang mampu menemutunjukkan pada peta persebaran flora dan fauna di wilayah Indonesia. Hal itu terlihat pada :
1. Rendahnya pemahaman siswa pada pembelajaran IPS.
2. Siswa selalu diam dan tidak mau bertanya.
3. Kurang disukainya pelajaran IPS bagi siswa yang tidak suka menghafal.
4. Nilai ulangan IPS selalu rendah.
Untuk itu perlu di lakukan penelitian tindakan kelas berupa perbaikan pembelajaran oleh guru tentang penggunaan gambar untuk meningkatkan hasil belajar materi persebaran flora dan fauna di wilayah Indonesia siswa kelas V SD negeri Suling Kulon 2 Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso pada mata pelajaran IPS semester 1 tahun pelajaran 2010 – 2011.
Dalam hal ini dipilih perbaikan pembelajaran pada media, yaitu menggunakan media gambar untuk meningkatkan pemahaman tentang persebaran flora dan fauna di Indonesia.
B. Rumusan Masalah
Agar pelaksanaan penelitian tindakan kelas dapat mengarahkan kegiatan yang dilakukan kepada tujuan penelitian, maka disusunlah rumusan masalah sebagai berikut, “ Apakah penggunaan media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar pada materi persebaran flora dan fauna di Indonesia siswa kelas V SD Negeri Suling Kulon 2 Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso pada mata pelajaran IPS semester I tahun pelajaran 2010 – 2011? “
C. Tujuan Penelitian
Tujuan ini secara umum dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Secara khusus kegiatan penelitian dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persebaran flora dan fauna di Indonesia melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas V SD Negeri Suling Kulon 2 Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial semester ganjil tahun pelajaran 2010 – 2011.
D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk :
1. Bagi siswa
Ø Siswa dapat meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran
Ø Siswa dapat meningkatkan prestasi belajar
Ø Siswa dapat menggali potensi yang dimiliki
2. Bagi guru
Ø Dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menggunakan alat peraga
Ø Sebagai masukan untuk meningkatkan proses pembelajaran di kelas
Lebih lanjutnya silahkan hajar disini
Passwordx itu ini yach : www.x-genius-computer.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar